5 Museum yang Wajib Dikunjungi di Bandung, Bisa Jadi Alternatif Tempat Wisata Bersama Keluarga

Bisa Jadi Alternatif Tempat Wisata Bersama Keluarga, Ini 5 Museum yang Wajib Dikunjungi di Bandung

Ilustrasi : 5 Museum yang Wajib Dikunjungi di Bandung (pexels.com)
Bisa Jadi Alternatif Tempat Wisata Bersama Keluarga, Ini 5 Museum yang Wajib Dikunjungi di Bandung

Lets Colour Indonesia – Bandung telah dikenal dan menarik banyak wisatawan keluarga. Selain tempat kuliner dan restoran terbaik, Bandung juga menawarkan banyak museum yang wajib dikunjungi.

Dari yang artistik hingga yang edukatif, berikut beberapa museum yang patut dikunjungi. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 museum yang wajib dikunjungi di Paris van Java ini.

banner 325x300

Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung adalah museum dengan pameran mulai dari batuan dan mineral hingga fosil invertebrata dan vertebrata. Didirikan oleh Belanda pada 16 Mei 1929, museum ini direnovasi dan dibuka kembali pada 23 Agustus 2000 oleh Badan Kerjasama Internasional Jepang.

Museum ini memiliki ratusan ribu artefak, fosil, puluhan ribu deposit mineral, batuan, dan banyak benda sejarah lainnya. Semuanya dikumpulkan di Indonesia dari tahun 1850.

Museum ini memiliki ruang dokumentasi”yang hanya dapat dilihat oleh orang-orang yang memiliki otoritas tinggi. Berlokasi di Jalan Diponegoro, museum buka dari Senin hingga Jumat dari pukul 8 pagi hingga 4 sore. Pada hari Sabtu dan Minggu, buka dari jam 8 pagi sampai jam 2 siang.

Museum Pos Indonesia

Terletak di blok yang sama dengan Gedung Sate Bandung, gedung Museum Pos Indonesia selesai dibangun pada tahun 1920. Pada tahun 1931, gedung ini diubah menjadi Museum Pos Telegraf dan Telepon.

Pemerintah Indonesia kemudian mengubah namanya menjadi Museum Pos dan Giro (Museum Pos) pada tahun 1983. Baru pada tahun 1995 nama gedung tersebut akhirnya berubah menjadi Museum Pos Indonesia.

Museum ini menyimpan sejarah pos & komunikasi Indonesia, termasuk transportasi & perangko. Museum ini buka dari Senin sampai Jumat dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore dan tutup setiap hari sabtu dan minggu.

Taman Patung NuArt

Terletak di bagian utara Bandung, Ciwaruga, Taman Patung NuArt pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 2000. Seperti namanya, museum ini memamerkan karya-karya pematung ternama Indonesia Nyoman Nuarta, dari awal karirnya hingga mahakarya terakhirnya.

Bangunan ini dibangun dan dikembangkan untuk pecinta seni. Taman seluas 3 hektar ini juga memiliki galeri modern, kafe, dan toko suvenir. Museum buka Rabu hingga Sabtu dari pukul 9 pagi hingga 5 sore dan pada hari Minggu, buka pukul 7 pagi dengan jam tutup yang sama.

Amazing Art World

Museum lain untuk pecinta seni, Amazing Art World adalah museum interaktif di mana pengunjung dapat berpose dan memotret diri mereka sendiri dalam lanskap 3D yang imajinatif.

 Beberapa karya seni kontemporer juga ditampilkan di sini. Berlokasi di Sukasari, museum buka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 6 sore.

Museum Sri Baduga

Museum Sri Baduga dibangun pada tahun 1974 dan diresmikan oleh Menteri Pendidikan Republik Indonesia pada tanggal 5 Juni 1980. Nama “Sri Baduga” diambil dari seorang mantan Raja Sunda pada abad ke-15, yaitu Sri Baduga Maharaja.

Museum ini berfokus pada koleksi publik eklektik yang meliputi sejarah lokal, etnografi, arkeologi, koin, dan seni rupa. Bangunan ini selesai dibangun pada 2013. Museum ini buka dari hari Selasa sampai Minggu dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore.***