Fakta Ilmiah Larangan Memakai Baju Hijau di Pantai Selatan Jawa, Ternyata Berbahaya untuk Nyawa Pengunjung

Ilustrasi memakai baju hijau di pantai selatan Jawa. (Foto: PIXABAY/xusenru)
Larangan mengenakan baju hijau di pantai selatan Jawa ternyata bukan hanya mitos belaka dan dapat dibuktikan secara ilmiah.

Lets Colour Indonesia – Anda pasti sudah tidak asing dengan mitos pantai selatan Jawa mengenai larangan memakai baju hijau ketika berkunjung ke sana.

Konon, pengunjung pantai selatan Jawa yang mengenakan baju berwarna hijau akan menarik perhatian makhluk mistis ‘Nyi Roro Kidul’ sehingga bisa saja terseret ombak di sana.

Bahkan, ada yang mengatakan bahwa para pengunjung pantai selatan Jawa tersebut juga akan membahayakan nyawanya jika ia memakai baju hijau.

Baca Juga

Segudang Manfaat Teh Kombucha, Minuman Kuno Yang Bermanfaat Untuk Kulit Anda

Tidak sedikit masyarakat yang mempercayai mitos tersebut dan berusaha untuk tetap menghindari larangan yang ada demi keselamatan diri sendiri.

Tetapi, ada juga yang berpendapat bahwa hal itu hanya sekedar mitos belaka dan percaya jika memakai baju warna apapun tidak berpengaruh sama sekali dengan keselamatan jiwa.

Jadi, apakah larangan ini benar mempengaruhi nyawa seseorang atau tidak ?

Ternyata ada fakta ilmiah yang menunjukkan bahwa memang memakai baju hijau sangat dianjurkan ketika pergi ke pantai selatan Jawa.

Hal ini disebabkan spektrum air laut yang ternyata juga berwarna hijau. Selain warna hijau, air laut pun memiliki spektrum berwarna biru di dalamnya.

Baca Juga

Tidak Perlu Jauh-jauh Keluar Negeri, Ini 4 Destinasi Agrowisata Bandung Terbaik yang Harus Anda Kunjungi

Spektrum warna hijau dalam air laut muncul dengan medium yang mencapai kedalaman sekitar 100 atau 200 meter.

Tetapi, ada beberapa kondisi tertentu dimana warna spektrum hijau pada air laut muncul di kedalaman kurang dari 50 meter.

Ini terjadi ketika pantulan substrat dasar laut yang berupa butiran pasir, pecahan batu koral, maupun cangkang kerang yang berwarna putih.

Apabila ada seorang pengunjung yang terseret ombak kebetulan memakai baju warna hijau, maka hal ini bisa mengganggu proses pencarian karena warnanya sama dengan air laut.

Hal tersebut berhubungan pula dengan fakta banyaknya korban yang tenggelam terseret ombak dan sulit dicari keberadaannya.

Baca Juga

Unik dan Instagramable, Ini 5 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Singapura

Untuk meminimalisir hal tersebut, akhirnya timbul larangan memakai baju hijau di pantai selatan Jawa.

Berdasarkan fakta ini, kita juga mengetahui bahwa ternyata tidak hanya baju warna hijau saja yang berbahaya untuk dipakai di sekitar pantai, tetapi juga warna biru.

Kembali lagi pada fakta bahwa spektrum air laut yang terdiri dari dua warna, yaitu hijau dan biru.

Larangan ini juga tidak hanya berlaku di pantai selatan Jawa, tetapi juga diharapkan bisa diterapkan oleh pengunjung jika berada di area laut yang luas.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengikuti larangan ini ketika anda berkunjung ke pantai selatan Jawa atau pantai-pantai lainnya di Indonesia agar liburan menjadi lebih aman.***